Select Menu

Alamat:

--::::: Alamat: Jl. Gajah-Dempet No.11 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak 59581 Telp. (0291) 4284342, Email: mtsalirsyad@yahoo.co.id, Website: http://www.mts-alirsyad.sch.id :::::--

Random Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel

Foto Kegiatan

Profil

Renungan

Nasehat

Gallery

Bottom

Ngaji Al Qur'an

» » » Pengertian Belajar Efektif

Pengertian belajar efektif – Belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari ( Bari Djamarah, 1994: 21). Menurut James O. Wittaker belajar dapat didefinisikan sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. sedangkan menurut Cronbach belajar yang efektif adalah melalui penglaman. Dan menurut Howard L. Kingsley belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek dan latihan (Dalyono, 2006: 104). Dari beberapa pendapat para ahli tentang pengertian belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan 2 unsur yaitu jiwa dan raga. Gerak raga yang ditunjukkan harus sejalan dengan proses jiwa untuk mendapatkan perubahan sebagai hasil dari proses belajar. Sehingga dilihat dari pengertian prestasi dan belajar tersebut maka dapat diambil kesimpulan prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan. Bentuk perubahan dari hasil belajar meliputi tiga aspek, yaitu :

a). Aspek kognitif meliputi perubahan-perubahan dalam segi penguasaan pengetahuan dan perkembangan eterampilan/kemampuan yang diperlukan untuk menggunakan pengetahuan tersebut.

b). Aspek efektif meliputi perubahan-perubahan dalam segi sikap mental, perasaan dan kesadaran.

c). Aspek psikomotor meliputi perubahan-perubahan dalam segi bentuk-bentuk tindakan motorik. (Daradjat, 1995: 197) Prestasi belajar siswa yang diperoleh dalam proses belajar-mengajar disekolah dapat dilihat dan diketahui dari nilai hasil ujian semester, yang kemudian dituangkan dalam daftar nilai raport.

Nilai tersebut merupakan nilai yang dapat dijadikan acuan berhasil tidaknya siswa belajar serta dijadikan acuan berhasil tidaknya proses belajar mengajar di kelas. Penilaian prestasi siswa yang dicantumkan dalam rapot, bisa berbentuk anka jiga berbentuk huruf. Prestasi belajar tidak hanya sebagai indikator keberhasilan dalam bidang studi tertentu yang telah dipelajarinya, akan tetapi juga keberhasilan sebagai indikator kualitas institusi pendidikan di tempat dia belajar. 

About MTs Al Irsyad Gajah - Demak

VISI: Madrasah pelopor IMTAQ dan IPTEK, teladan dalam pergaulan, dan unggul dalam prestasi. MISI: Membina generasi sholeh-sholehah yang cerdas dan terampil serta berwawasan global. TUJUAN: Terciptanya warga Madrasah yang disiplin dan berdedikasi. Terciptanya Proses Belajar Mengajar yang Efektif dan Efisien. Meningkatnya prestasi Madrasah dan Belajar Siswa. Tercapainya suasana yang harmonis-Islami antara warga Madrasah dan dengan lingkungannya. Terciptanya tamatan yang bisa diterima dilembaga pendidikan favorit dan masyarakat lingkungannya.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Terima kasih atas komentar, saran, kritik dan kunjungan Anda semua, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga MTs Al Irsyad makin maju dan sukses selalu. amin.